Erling Haaland Bisa Samai Level Cristiano Ronaldo & Lionel Messi

By ommed


nusakini.com - Legenda Borussia Dortmund, Karl-Heinz Riedle percaya bahwa Erling Haaland punya kualitas untuk menjadi salah satu pemain terbaik dunia seperti Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi.

Perdebatan mengenai siapa pemain yang layak menyandang predikat sebagai yang terbaik di jagat sepakbola makin memanas, dengan Ronaldo dan Messi, dua bintang yang dianggap sebagai GOAT alias terbaik di zaman ini sudah mendekati masa pensiun.

Kiprah Haaland sendiri tergolong fenomenal untuk pemain berusia 21 tahun dan punya catatan gol yang mengesankan sejak ditebus Dortmund senilai €20 juta pada pertengahan musim 2019/20 lalu.


Di Bundesliga saja, striker internasional Norwegia itu telah membukukan total 51 gol dari 51 penampilannya sejauh ini, termasuk aksinya di Der Klassiker, Minggu (5/12) dini hari WIB, saat Dortmund kalah 3-2 dari Bayern Munich di Signal Iduna Park.

Belum lagi di Liga Champions, di mana selama dua setengah musim bersama Dortmund, Haaland menorehkan 12 gol dari 13 penampilannya. Sebuah rasio gol yang sangat impresif tentunya.

"Tentu saja, sudah sering saya katakan bahwa Haaland memang salah satu striker yang dimiliki Borussia Dortmund dalam sejarah mereka," kata Ridle menjawab pertanyaan GOAL dalam sesi wawancara terbuka dengan beberapa media dari Asia Tenggara dan India. "Bakatnya luar biasa dan ya pastinya jika ia mampu mempertahankannya dan juga jika ia tidak mengalami cedera besar."

"[Tentu] ada peluang baginya suatu hari nanti untuk menjadi pemain terbaik di dunia jika Messi dan juga Ronaldo tidak ada lagi di sana karena mereka sudah berusia lebih dari 30 tahun sekarang."


Riedle sendiri berharap Haaland bisa mencapai reputasi sebagai pemain terbaik dunia bersama Dortmund meski diyakini akan sulit karena sang bintang muda kini telah menjadi buruan banyak klub top Eropa di antaranya Manchester United, Manchester City dan Chelsea.

Ia punya masa depan, tapi [untuk menjadi pemain terbaik] ia harus mengetahui [perjalanannya] setelah Dortmund, entah ia bergabung dengan klub lain atau bertahan," lanjut Riedle.

"[Tapi] Dortmund adalah klub yang tepat baginya untuk terus berproses dan ia juga masih harus belajar tentang beberapa hal, namun saya pikir untuk tantangannya jelas suatu hari nanti kita akan melihat [Haaland] sebagai pemain terbaik di dunia."

Riedle, yang kini menjalani peran sebagai duta internasional bagi Dortmund, merupakan salah satu legenda klub dan pernah menjuarai Liga Champions 1996/97 bersama Die Borussen. (gi/om)